Jumat 14 Desember 2018

PENGADILAN NEGERI PASANGKAYU merupakan lingkungan peradilan umum di bawah Mahkamah Agung RI sebagai pelaksana kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakan Hukum dan Keadilan, PENGADILAN NEGERI PASANGKAYU sebagai kawal depan (Voorj post) Mahkamah Agung, bertugas dan berwenang menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara yang masuk di tingkat pertama.
Adapun tugas pokok dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut:

I. TUGAS KETUA PENGADILAN NEGERI PASANGKAYU
1. Memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas Peradilan.
2. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Peradilan dengan instansi lainnya bilamana diperlukan.
3. Bertanggung jawab atas seluruh pelaksanaan tugas baik yang bersifat yudisiil maupun yang non yudisiil, kecuali mengenai penanganan perkara yang dilaksanakan oleh majelis yang ditunjuk.
4. Menetapkan kebijakan untuk menunjang terselenggaranya peradilan yang sederhana cepat dan dengan biaya ringan.
5. Melakukan pengawasan atas penyelenggaraan tugas-tugas Peradilan serta fungsi-fungsi pendukungnya.
6. Mengusulkan nama-nama yang telah dipilih untuk menduduki jabatan-jabatan fungsional maupun structural kecuali Wakil Ketua dan Hakim-Hakim.

II. TUGAS WAKIL KETUA
1. Melaksanakan tugas-tugas Ketua Pengadilan apabila Ketua Pengadilan berhalangan sah.
2. Melaksanakan tugas sehari-hari yang didelegasikan oleh Ketua Pengadilan, seperti penetapan ijin / persetujuan penyitaan, penetapan ijin / persetujuan penggeledahan, menunjuk Hakim yang mengadili perkara pelanggaran lalu lintas jalan dan tindak pidana ringan, serta perkara perdata permohonan. 
3. Mengawasi jalannya persidangan.
4. Sebagai koordinator Hakim Pengawas Bidang.
5. Sebagai koordinator pelaksanaan tugas-tugas non kedinasan seperti IKAHI, OLAH RAGA, KORPRI, KOPRASI serta Dharmayukti Karini.
6. Melaporkan kepada ketua segala temuan dan hal pelaksanaan tugasnya untuk mendapatkan pemecahan bersama, baik dalam Bidang Pengawasan maupun pada keadaan sehari-hari.
7. Bersama-sama Ketua mempersiapkan nama-nama pegawai untuk dipilih dan diusulkan guna menduduki jabatan Panitera / Sekretaris.

III. TUGAS PANITERA/SEKRETARIS.
1. Memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas kepaniteraan dan kesekretariatan Pengadilan Negeri.
2. Meneruskan surat-surat yang di disposisi Ketua/Wakil Ketua kepada fungsi fungsi yang ada dibawahnya dengan di sertai petunjuk.
3. Merencanakan dan melaksanakan Eksekusi Perkara Perdata.
4. Menunjuk Panitera Pengganti dan Jurusita yang menangani Perkara secara tertip dan teratur.
5. Merencanakan pelaksanaan sidang keliling.
6. Bersama jajarannya mrencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagaimana tertuang dalam DIPA yang berlaku.
7. Mengambil alih tugas dan tanggung jawab wakil Panitera dan Wakil Sekretaris bila mana yang bersangkutan berhalangan sah kecuali yang diatur secara tegas dalam Kep.Sek MARI No.002/Sek/SK/I/2008.
8. Melaksanakan tugas sebagai mana tercantum dalam Kep.Sek MARI No. 002/Sek/SK/I/2008.
9. Bersama fungsi-fungsi yang ada dibawahnnya merencanakan recana kegiatan tahun berikutnya dan melaksanakan kegiatan tahun yang sedang berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
10.Setiap saat dapat melakukan pengawasan pada fungsi-fungsi yang ada hingga dapat diwujudkan suatu administrasi perkara dan administrasi umum yang tertip.
11.Melaporkan segala temuan dan hal pelaksanaan tugasnya untuk mendapatkan pemecahan bersama.
12.Menginventaris tugas-tugas yang belum terlaksana dan melaporkan kepada atasan serta rencana selanjutnya.
13.Membantu Wakil Ketua dalam pelaksanaan tugas-tugas non kedinasan
14.Sebagai Ketua Ipaspi dan Ketua Korpri.
15.Bersama-sama Ketua dan Wakil Ketua mempersiapkan nama-nama pegawai untuk dipilih dan diusulkan guna menduduki jabatan Wakil Panitera dan Wakil Sekretaris.
16.Meneliti dan selanjutnya mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan bagi terlaksananya pemberian bantuan hukum secara cuma-cuma pada perkara pidana.

IV. TUGAS WAKIL PANITERA :
1. Memimpin dan mengkoordinasikan tugas kepaniteraan pada fungsi-fungsi yang ada dibawahnya.
2. Membantu tugas-tugas Panitera/Sekertaris.
3. Melakukan pengawasan dan sekaligus memberikan petunjuk akan pelaksanaan tugas-tugas kepaniteraan pada fungsi-fungsi yang ada dibawahnya sehingga dapat dicapai pelaksanaan administrasi perkara yang sempurna sebagai pendukung tugas-tugas penyelenggaraan Peradilan.
4. Berkoordinasi dengan Wakil Sekretaris dan Kepala Urusan Umum dalam merencanakan, menyediakan sarana yang diperlukan berkaitan dengan dukungan administrasi maupun perlengkapan yang diperlukan dalam penyelenggaraan Peradilan.
5. Menyiapkan dan memproses berkas-berkas yang dimohonkan Banding, Kasasi, PK, maupun Grasi dan Eksekusi, selanjutnya melaporkan kepada Panitera.
6. Menyiapkan bahan-bahan dan kerangka/konsep surat-surat yang perlu dibalas.
7. Mengolah surat-surat yang telah didisposisi oleh Panitera/Sekretaris.
8. Mengkoordinir laporan bulanan, tengah tahun dan akhir tahun.
9. Menginventarisir tugas-tugas kepanitaraan yang belum terlaksana.
10. Mengajukan rencana kegiatan pada tahun berikutnya serta melaksanakan kegiatan pada tahun yang sedang berjalan.
11. Mengambil alih tugas dan tanggung jawab Panitera Muda bilamana yang bersangkutan berhalangan sah.
12. Menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada Panitera/Sekretaris bilamana berhalangan sah.
13. Membantu Panitera Sekretaris dalam merencanakan pelaksanaan Sita Jaminan dan Eksekusi.

V. TUGAS WAKIL SEKRETARIS
1. Memimipin dan Mengkoordinasikan tugas-tugas Kesekretariatan pada fungsi fungsi yang ada dibawahnya untuk menunjang penyelenggaraan peradilan.
2. Membantu tugas-tugas Panitera / Sekretaris. 
3. Melaksanakan tugas-tugas sebagaimana diatur dalam Kep. Sek. MARI Nomor : 002/Sek/SK/I/2008.
4. Melakukan Pengawasan sekaligus memberikan petunjuk atau arahan pada fungsi-fungsi yang ada dibawahnya sehingga dicapai pelaksanaan administrasi Kesekretariatan yang sempurna.
5. Melakukan pemeliharaan dan memberikan penilaian atas sarana dan prasarana kantor dan perumahan serta merencanakan usulan perbaikan, penggantian atau pengadaan baru.
6. Bersama Pansek sebagai kuasa pengguna anggaran merencanakan kegiatan tahun berikutnya secara keseluruhan sesuai dengan usulan masing-masing fungsi serta melaksanakan kegiatan pada tahun yang sedang berjalan.
7. Berkoordinasi dengan Wakil Panitera, menyiapkan sarana yang diperlukan dalam penyelenggaraan persidangan.
8. Mengambil alih tugas dan tanggungjawab fungsi-fungsi yang ada dibawahmya bilamana yang bersangkutan berhalangan sah kecuali ditentukan pada SK.SEK.MARI Nomor : 002/Sek/SK/I/2008.
9. Menyerahkan tugas dan tanggungjawabnya kepada Panitera / Sekretaris bila mana berhalangan sah.
10.Mengolah surat-surat yang telah didisposisi oleh Panitera / Sekretaris serta menyiapkan konsep / karangka surat-surat yang harus dibalas.
11.Mengkoordinir laporan bulanan, tengah tahun dan akhir tahun.
12.Melaporkan segala temuan dan hal pelaksanaan tugas kepada atasan.
13.Menyerahkan hasil pekerjaan yang diperintahkan kepada Panitera / Sekretaris untuk proses selanjutnya.

VI. TUGAS PANITERA MUDA PERDATA :
1. Memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan administrasi perkara berpedoman kepada buku I dan buku II serta bindalmin.
2. Mewujudkan administrasi perkara yang sempurna sebagai keberhasilan penyelenggaraan Peradilan.
3. Menyiapkan laporan.
4. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan oleh Panitera Sekertaris/ Wakil Panitera.
5. Membuat usulan rencana keperluan/sarana atau peralatan sebagai penunjang penyelenggaraan administrasi perkara.
6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Panitera Sekretaris dan Wakil Panitera.
7. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan bagi proses Banding, Kasasi, PK, Sita Jaminan dan Eksekusi.
8. Menyerahkan hasil perkerjaan diperintahkan kepada Wakil Panitera untuk proses selanjutnya.


VII. TUGAS PANITERA MUDA PIDANA :
1. Memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan administrasi perkara berpedoman kepada buku I dan buku II serta bindalmin.
2. Mewujudkan administrasi perkara yang sempurna sebagai keberhasilan penyelenggaraan Peradilan.
3. Menyiapkan laporan.
4. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan oleh Panitera Sekertaris/ Wakil Panitera.
5. Membuat usulan rencana keperluan/sarana atau peralatan sebagai penunjang penyelenggaraan administrasi perkara.
6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Panitera Sekretaris dan Wakil Panitera.
7. Mengirimkan petikan putusan sesuai dengan ketentuan pasal 226 KUHP.
8. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan bagi proses Banding, Kasasi, PK dan Grasi.
9 Menyerahkan hasil pekerjaan yang diperintahkan kepada Wakil Panitera untuk proses selanjutnya.


VIII. TUGAS PANITERA MUDA HUKUM :
1. Memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan administrasi perkara berpedoman kepada buku I dan buku II serta bindalmin.
2. Mewujudkan administrasi perkara yang sempurna sebagai keberhasilan penyelenggaraan Peradilan.
3. Menyiapkan laporan.
4. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan oleh Panitera Sekertaris/ Wakil Panitera.
5. Membuat usulan rencana keperluan/sarana atau peralatan sebagai penunjang penyelenggaraan administrasi perkara.
6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Panitera Sekretaris dan Wakil Panitera.
7. Menyerahkan hasil pekerjaan yang diperintahkan kepada Wakil Panitera untuk proses selanjutnya.


IX. TUGAS MAJELIS :
1. Menerima, memeriksa dan mengadili perakara yang diterimanya.
2. Ketua majelis memimpin sidang dan membagi tugas pada anggotanya.
3. Dalam tugas yang diberikan Ketua Majelis, Hakim Anggota I meneliti berita acara persidangan.
4. Dalam tugas yang diberikan oleh Ketua Majelis, Hakim Anggota II meneliti masalah penahanan.
5. Minutasi perkara merupakan tanggung jawab Ketua Majelis dan Panitera Pengadilan.

X. TUGAS PANITERA PENGGANTI :
1. Membantu Hakim dalam pelaksanaan persidangan.
2. Membuat berita acara persidangan dalam minutasi perkara serta menyiapkan segala sesuatunya yang diperlukan dipersidangan.
3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan kepadanya baik dalam kedinasan maupun diluar kedinasan.

XI TUGAS JURU SITA :
1. Melaksanakan tugas-tugas Kejurusiataan.
2. Melaksanakan tugas-tugas baru yang diberikan kepadanya baik dalam kedinasan maupun diluar kedinasan. 

XII. TUGAS HAKIM PENGAWAS DAN PENGAMAT NARAPIDANA

1. Melaksanakan Pengawas dan Pengawatan Narapidana dengan ketentuan yang berlaku secara berkala.
2. Membuat laporan hasil pengawasan dan pengamatan kepada Ketua Pengadilan Negeri


XIII. TUGAS HAKIM PENGAWAS BIDANG
1. Dibawah koordinasi Wakil Ketua . Melaksanakan tugas-tugas pengawasan dimasing-masing bidang yang ditunjuk / diperintahkan kepadanya
2. Melaporkan hasil pengawasan kepada koordinator. 

XIV. TUGAS KEPALA URUSAN UMUM
1. Menyelenggarakan tata persuratan baik surat-surat masuk maupun surat-surat keluar.
2. Merencanakan dan menyediakan keperluar kantor untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas kedinasan secara keseluruhan.
3. Memelihara serta mengusulkan pengadaan semua alat perlengkapan / inventaris kantor dengan berlandaskan pada tugas pokok dan fungsi penyelenggaraan peradilan.
4. Memelihara serta mengusulkan pengadaan gedung dan perumahan dinas.
5. Melaksanakan inventarisasi perlengkapan kantor.
6. Melaksanakan tugas-tugas perpustakaan.
7. Melaksanakan pengamanan dan kebersihan kantor termasuk halamanya.
8. Berkoordinasasi dengan seski olehraga untuk mengadakan kerjabakti di kantor.
9. Bila berhalangan sah menyerahkan tugas-tugasnya kepada Wakil Sekretaris.
10.Melakukan kontrol terhadap keadaan kantor serta perumahan dinas.
11.Menyerahkan hasil pekerjaannya yang diperintahkan kepada Panitera / Sekretaris untuk proses selanjutnya.

XV. TUGAS KEPALA URUSAN KEPEGAWAIAN
1. Melaksanakan tugas-tugas bagai terlenggaranya administrasi kepegawaian seluruh Hakim dan Karyawan Pengadilan.
2. Merencanakan dan merealisi hak-hak kepegawaian seluruh pegawai.
3. Membuat laporan bulanan, tengah tahun dan akhir tahun.
4. Merencanakan serta mengajukan usul segala keperluan/sarana bagi terselenggaranya administrasi kepegawaian yang sempurna.
5. Bersama Panitera Sekretaris dan Wakil Sekretaris serta Hakim Pengawas Kepegawaian melakukan pengawasan pelanggaran disiplin pegawai atas perintah Ketua Pengadilan.
6. Bersama Panitera Sekretris dan Wakil Sekretaris mempersiapkan nama-nama pegawai untuk dipilih dan diusulkan guna menduduki jabatan fungsional maupun struktural di Pengadilan Negeri kecuali jabatan Panitera / Sekretaris, Wakil Panitera dan Wakil Sekretaris
7. Bila berhalangan sah melapor dan menyerahkan tugas serta tanggungjawabnya kepada Wakil Sekretaris.
8. Menyerahkan hasil pekerjaannya yang diperintahkan kepada Panitera / Sekretaris untuk proses selanjutnya.

XVI. TUGAS KEPALA URUSAN KEUANGAN
1. Menyelenggarakan administrasi keuangan untuk mendukung tugas-tugas peradilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2. Merencanakan dan Merealisasikan hak-hak pegawai yang berkaitan dengan keuangan.
3. Melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan SK.SEK.MARI Nomor : 002/Sek/SK/I/2008.
4. Mempertanggungjawabkan apa yang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
5. Menyerahkan hasil pekerjaannya yang diperintahkan kepada Panitera / Sekretaris untuk proses selanjutnya.

XVII. TUGAS SEKSI OLAH RAGA
1. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan olah raga.
2. Berkoordinasi dengan Kepala Ursudan Umum Melaksanakan kegiatan kebersihan kantor dan halaman.

XVIII. TUGAS KETUA KORPRI DAN IPASPI
1. Menyelenggarakan organisasi Korpri dan IPASPI di Pengadilan Negeri sesuai dengan AD-ART.


XIX. TUGAS KETUA KOPRASI
1. Menyelenggarakan organisasi koprasi Pengadilan sesuai AD-ART dan mempertanggungjawabkan rapat anggota.
2. Merealisasikan badan hukum Koprasi.

PEJABAT STRUKTURAL

KALENDER

December 2018
S M T W T F S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
Visitor counter, Heat Map, Conversion tracking, Search Rank